![]() |
| ilustrasi - pelayanan bidan |
Pelayanan kebidanan
merupakan layanan yang diberikan oleh bidan sesuai dengan kewenangan yang
diberikannya dengan maksud meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka
tercapainya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.
Sasaran pelayanan
kebidanan adalah individu, keluarga dan masyarakat yang meliputi upaya
peningkatan, pencegahan, penyembuhan dan pemulihan.
Layanan kebidanan
dapat dibedakan menjadi :
Layanan kebidanan
Primer ialah layanan bidan yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab bidan.
1. Layanan kebidanan
Kolaborasi adalah layanan kebidanan yang dilakukan oleh bidan sebagai anggota
tim yang kegiatannya dilakukan secara bersama-sama atau sebagai salah satu
urutan dari sebuah proses kegiatan pelayanan kesehatan.
2. Layanan kebidanan
Rujukan adalah layanan yang dilakukan oleh bidan dalam rangka rujukan ke sistem
pelayanan yang lebih tinggi atau sebaliknya. Pelayanan yang dilakukan oleh
bidan sewaktu menerima rujukan dari dukun yang menolong persalinan, juga
layanan rujukan yang dilakukan oleh bidan ketempat/fasilitas pelayanan
kesehatan lainnya secara horizontal maupun vertikal atau ke profesi kesehatan
lainnya. Layanan kebidanan yang tepat akan meningkatkan keamanan dan
kesejahteraan ibu serta bayinya.
Baca juga tentang sejarah Ikatan Bidan Indonesia (IBI)
Baca juga tentang sejarah Ikatan Bidan Indonesia (IBI)
Keturunan
Kualitas manusia,
diantaranya ditentukan oleh keturunan. Manusia yang sehat dilahirkan oleh ibu
yang sehat. Hal ini menyangkut penyiapan wanita sebelum perkawinan, masa kehamilan,
masa kelahiran dan masa nifas.
Walaupun kehamilan,
kelahiran dan nifas adalah proses yang fisologis namun bila ditangani secara
tidak akurat , keadaan fisologis akan menjadi patologis. Hal ini akan berpengaruh
pada bayi yang akan dilahirkannya. Oleh karena itu layanan praperkawinan, kehamilan,
kelahiran dan nifas adalah sangat penting dan mempunyai keterkaitan satu sama
lain yang tak dapat dipisahkan.

0 komentar :
Posting Komentar